Sekolah Al-Azhar Syifa Budi Jakarta


Sekolah Al-Azhar Syifa Budi Jakarta merupakan sekolah nasional berwawasan internasional yang mengimplementasikan sistem Spiritualisasi Pendidikan dalam mewujudkan visi dan misi yang diembannya. Institusi pendidikan unik yang mengejar keunggulan melalui inovasi ini, menciptakan lingkungan islami bagi peserta didik dengan tetap mempertahankan budaya dan karakter positif bangsa Indonesia, untuk mendukung terbangunnya generasi yang unggul.

Sekolah Al-Azhar Syifa Budi didirikan pada tahun pelajaran 1979-1980 oleh Yayasan Syifa Budi dan diresmikan oleh Buya Hamka. Dalam pengembangan inovasinya, mulai Tahun Pelajaran 2003-2004 sekolah Al-Azhar Syifa Budi Jakarta menerapkan program Mumtaz School dan Saintifiqiah School dengan model catur tunggal, yaitu memadukan akidah-kebangsaan-sains-teknologi dalam framework Spiritualisasi Pendidikan.

Program Mumtaz School dan Saintifiqiah School ini mengembangkan pembelajaran yang membentuk integritas karakter dan kepribadian cendekiawan Muslim yang berakhlak mulia serta memiliki keseimbangan dan keharmonisan antara individualistik (fardiyah) dan sosialistik (jama’iyah) yang merupakan fitrah dalam diri manusia, berdasarkan al-Qur’an dan as-Sunnah, Character and Nation Building.

Pendidikan unggulan yang dikembangkan sekolah Al-Azhar Syifa Budi Jakarta ini merupakan  pendidikan yang berlandaskan iman dengan mengembangkan nilai-nilai dan konsep-konsep ke-Islaman sehingga membuahkan tindakan ihsan. Dengan demikian, pendidikan yang dikembangkan oleh sekolah Al-Azhar Syifa Budi Jakarta menekankan pemahaman bahwa seluruh aktivitas yang dilakukan ditujukan sebagai pengabdian kepada Allah SWT.

Sekolah Al-Azhar Syifa Budi Jakarta memfasilitasi perkembangan kematangan pemahaman dan komitmen peserta didik terhadap akidah, ibadah, muamalah, dan akhlak Islam sehingga terbentuk pribadi yang dapat bertanggung jawab terhadap diri sendiri, masyarakat, bangsa dan negara, serta mampu bertanggung jawab kepada Tuhannya. Hal ini akan dicapai melalui penerapan program yang komprehensif dalam setiap aspek kurikulum pada setiap jenjang pendidikan, yang terintegrasi dalam satu atap-satu sistem, mulai dari Kelompok Bermain (Taman Azhar), Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, hingga Sekolah Menengah Atas.