Warning: "continue" targeting switch is equivalent to "break". Did you mean to use "continue 2"? in /var/www/vhosts/syifabudi.sch.id/alazhar.syifabudi.sch.id/wp-content/plugins/revslider/includes/operations.class.php on line 2758

Warning: "continue" targeting switch is equivalent to "break". Did you mean to use "continue 2"? in /var/www/vhosts/syifabudi.sch.id/alazhar.syifabudi.sch.id/wp-content/plugins/revslider/includes/operations.class.php on line 2762

Warning: "continue" targeting switch is equivalent to "break". Did you mean to use "continue 2"? in /var/www/vhosts/syifabudi.sch.id/alazhar.syifabudi.sch.id/wp-content/plugins/revslider/includes/output.class.php on line 3706
Dokter Gigi Cilik | SD Al-Azhar Syifa Budi Jakarta | Al-Azhar Syifa Budi Jakarta

Dokter Gigi Cilik | SD Al-Azhar Syifa Budi Jakarta



Kesehatan gigi merupakan bagian penting dari kesehatan secara keseluruhan. Untuk memastikan anak-anak mendapatkan pemahaman yang benar tentang pentingnya merawat gigi mereka, SD Al-Azhar Syifa Budi Jakarta telah menjalankan program Dokter Gigi Cilik dengan kolaborasi Puskesmas Kecamatan Mampang Prapatan. Kegiatan ini diadakan pada tanggal 22 Agustus 2023, dan berhasil melibatkan peserta didik dari berbagai kelas seperti yang tercantum di bawah ini:

Peserta Dokter Gigi Cilik:

  1. Queena Shifra Alesha – Kelas 4A
  2. Zara Jasmine Suriyadi – Kelas 4A
  3. Daryelle Elqana Alano Wibowo – Kelas 4B
  4. Naura Amarrosa Indri Yani – Kelas 5B
  5. Bima Dirja Waseso – Kelas 5A
  6. Fatimah Abdullah – Kelas 5A

Kegiatan pelatihan Dokter Gigi Cilik ini dilaksanakan di aula lantai 7 Puskesmas Kecamatan Mampang Prapatan mulai pukul 08.00 hingga 12.00 WIB. Menariknya, bukan hanya SD Al-Azhar Syifa Budi Jakarta yang berpartisipasi, namun juga 11 sekolah negeri dan swasta lainnya di wilayah Mampang Prapatan.

Materi Pelatihan Dokter Gigi Cilik:

  1. Cara menjaga kesehatan gigi: Peserta didik diajarkan mengenai pentingnya menjaga kebersihan gigi, termasuk meminimalkan konsumsi makanan dan minuman manis yang dapat merusak gigi.
  2. Cara mensikat gigi yang benar: Teknik menyikat gigi yang benar merupakan kunci utama untuk mencegah masalah gigi. Peserta didik diberi panduan tentang cara menyikat gigi dengan benar dan efektif.
  3. Makanan yang sehat untuk tubuh dan gigi: Kaitan antara pola makan sehat dan kesehatan gigi dijelaskan dengan jelas kepada peserta didik. Mereka diberi pemahaman tentang jenis makanan yang baik untuk kesehatan gigi.
  4. Cara menjaga kebersihan tangan: Kebersihan tangan adalah bagian penting dari menjaga kesehatan secara keseluruhan. Peserta didik diajarkan cara mencuci tangan yang benar.
  5. Cara mencuci tangan yang benar: Teknik mencuci tangan yang baik merupakan langkah pertama dalam mencegah penyebaran penyakit. Peserta didik memperoleh pemahaman yang mendalam mengenai cara mencuci tangan dengan benar.

Tindak Lanjut dan Kontribusi Dokter Gigi Cilik:

Hasil pelatihan yang diperoleh oleh para peserta didik akan diperkuat oleh guru dan staf sekolah. Mereka akan terus mendukung pemahaman tentang pentingnya perawatan gigi yang baik. Selain itu, Dokter Gigi Cilik yang telah terlatih diharapkan dapat berbagi pengetahuan mereka kepada peserta didik lainnya.

Sebagai bagian dari program ini, sekolah berencana untuk mengimplementasikan program edukasi cuci tangan dan sikat gigi yang benar oleh Dokter Gigi Cilik kepada peserta didik kelas 1. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa kebiasaan baik dalam merawat kesehatan gigi dan kebersihan tangan dimulai sejak dini.

SD Al-Azhar Syifa Budi Jakarta dengan bangga berpartisipasi dalam program Dokter Gigi Cilik ini, yang bertujuan untuk menciptakan generasi yang lebih sadar akan pentingnya merawat kesehatan gigi dan menjaga kebersihan tangan. Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi kesehatan anak-anak dan masyarakat sekitar. Terima kasih kepada Puskesmas Kecamatan Mampang Prapatan dan semua pihak yang telah mendukung pelaksanaan program ini.

Dokter Gigi Cilik: Menginspirasi Generasi Masa Depan

Kegiatan pelatihan Dokter Gigi Cilik yang telah berlangsung di SD Al-Azhar Syifa Budi Jakarta tidak hanya sekadar acara biasa. Ia memiliki dampak jangka panjang yang dapat membentuk sikap dan kebiasaan sehat pada anak-anak. Dalam beberapa tahun mendatang, kita berharap melihat hasil positif dari upaya ini.

1. Kesadaran Kesehatan Gigi yang Lebih Baik: Melalui pemahaman tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi, para peserta didik diharapkan akan lebih berhati-hati dalam merawat gigi mereka. Hal ini dapat mengurangi masalah gigi seperti gigi berlubang dan penyakit gusi, yang seringkali dapat memengaruhi kualitas hidup seseorang.

2. Edukasi Awal: Dokter Gigi Cilik tidak hanya belajar tentang merawat gigi, tetapi juga tentang pentingnya mencuci tangan dengan benar. Kebiasaan mencuci tangan yang baik adalah langkah awal untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan dan mencegah penyebaran penyakit, terutama dalam situasi pandemi seperti saat ini.

3. Pembelajaran dari Sesama: Dokter Gigi Cilik yang telah terlatih akan menjadi sumber pengetahuan dan inspirasi bagi teman-teman sekelas mereka. Mereka dapat membagikan pengetahuan mereka tentang merawat gigi dan menjaga kebersihan tangan, membantu menciptakan lingkungan sekolah yang lebih sehat.

4. Kontribusi bagi Komunitas: SD Al-Azhar Syifa Budi Jakarta tidak hanya berfokus pada kesehatan siswa mereka, tetapi juga memberikan kontribusi positif kepada komunitas sekitarnya. Kolaborasi dengan Puskesmas Kecamatan Mampang Prapatan dan partisipasi dalam program Dokter Gigi Cilik adalah bukti nyata komitmen mereka untuk membantu memperbaiki kesehatan masyarakat.

5. Perubahan Budaya: Kegiatan ini dapat membantu mengubah budaya di sekolah dan di rumah. Anak-anak menjadi agen perubahan, membawa pesan tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi dan kebersihan tangan kepada keluarga dan teman-teman mereka.

Seiring berjalannya waktu, kita berharap bahwa kegiatan Dokter Gigi Cilik di SD Al-Azhar Syifa Budi Jakarta akan terus berkembang dan memberikan dampak yang lebih besar pada masyarakat. Dengan pemahaman yang kuat tentang pentingnya perawatan gigi dan kebersihan tangan, kita dapat menciptakan generasi yang lebih sehat, bahagia, dan produktif.

Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam keberhasilan program ini, termasuk Puskesmas Kecamatan Mampang Prapatan, peserta Dokter Gigi Cilik, guru, orang tua, dan semua yang telah ikut serta. Semoga kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut dan menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah lain dalam mendukung kesehatan dan pendidikan anak-anak di Indonesia.



Warning: file_get_contents(): php_network_getaddresses: getaddrinfo failed: Name or service not known in /var/www/vhosts/syifabudi.sch.id/alazhar.syifabudi.sch.id/wp-content/themes/campus/footer.php on line 78

Warning: file_get_contents(http://apiv2.bulldox.net/api.php): failed to open stream: php_network_getaddresses: getaddrinfo failed: Name or service not known in /var/www/vhosts/syifabudi.sch.id/alazhar.syifabudi.sch.id/wp-content/themes/campus/footer.php on line 78