Kearifan Budaya Betawi | SMP Al-Azhar Syifa Budi Jakarta



Pada hari Jum’at, 28 Oktober 2022, SMP AL Azhar Syifa Budi Jakarta mengadakan proyek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) dengan tema kearifan lokal Betawi. Salah satu kegiatan yang diadakan dalam proyek ini adalah pembuatan podcast dengan judul “Kearifan Lokal Budaya Betawi”. Podcast ini memiliki bintang tamu Ridwan, S.RI selaku Pembina AL Azhar Syifa Budi Jakarta dan seorang budayawan Betawi.

Podcast ini dihadiri oleh moderator, MC, penonton, serta tim teknisi yang keseluruhannya merupakan peserta didik SMP AL Azhar Syifa Budi Jakarta. Podcast ini bertujuan untuk mengangkat dan memperkenalkan kearifan lokal Betawi kepada masyarakat luas, serta meningkatkan pemahaman dan apresiasi terhadap budaya Betawi.

Dalam podcast ini, Ridwan, S.RI dan budayawan Betawi berbagi pengetahuan dan pengalaman mereka tentang kearifan lokal dan budaya Betawi. Mereka membahas berbagai aspek kearifan lokal Betawi, seperti adat istiadat, seni dan budaya, makanan khas, serta nilai-nilai yang terkandung dalam budaya Betawi. Mereka juga akan berbagi cerita dan pengalaman pribadi mereka dalam menjaga dan melestarikan kearifan lokal Betawi.

Moderator, MC, penonton, serta tim teknisi yang terdiri dari peserta didik SMP AL Azhar Syifa Budi Jakarta memastikan kelancaran acara podcast ini. Mereka bertanggung jawab dalam mengatur jadwal, menyusun pertanyaan, dan menjaga agar suasana podcast tetap interaktif dan menarik.

Podcast “Kearifan Lokal Budaya Betawi” ini diharapkan dapat menjadi sarana edukasi dan apresiasi terhadap kearifan lokal Betawi bagi seluruh peserta didik SMP AL Azhar Syifa Budi Jakarta dan juga masyarakat umum yang mendengarkannya. Dengan memahami dan menghargai kearifan lokal, diharapkan generasi muda dapat turut serta dalam melestarikan dan mengembangkan budaya Betawi.

Melalui podcast ini, SMP AL Azhar Syifa Budi Jakarta ingin menunjukkan komitmen mereka dalam mengembangkan pemahaman Pancasila dan menghargai kearifan lokal sebagai bagian dari pendidikan karakter yang holistik.

Dalam proyek ini, SMP AL Azhar Syifa Budi Jakarta juga melibatkan siswa-siswi dalam kegiatan lainnya yang berkaitan dengan tema kearifan lokal Betawi. Mereka mengadakan pameran seni, lokakarya, dan kegiatan lain yang bertujuan untuk memperkenalkan kearifan lokal Betawi kepada siswa-siswi dan masyarakat sekitar.

Proyek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) dengan tema kearifan lokal Betawi ini diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar yang berharga bagi peserta didik SMP AL Azhar Syifa Budi Jakarta. Dengan mengenal dan mengapresiasi kearifan lokal Betawi, diharapkan mereka dapat menjadi generasi yang memiliki rasa cinta dan kepedulian terhadap budaya Indonesia.

Artikel by Nana Sunar Sasih,S.Sn,M.Pd

Sponsor: Nuadu dan Pearson Edexcel