Kunjungan ke Setu Babakan | SMP Al-Azhar Syifa Budi Jakarta



Pada hari Jum’at, 18 November 2022, SMP AL Azhar Syifa Budi Jakarta melaksanakan proyek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) dengan tema kearifan lokal Betawi. Salah satu kegiatan yang dilakukan dalam proyek ini adalah pembuatan podcast yang disiarkan pada Jum’at, 2 Desember 2022. Kegiatan yang diangkat dalam podcast ini adalah kunjungan para peserta didik ke Setu Babakan.

Setu Babakan merupakan sebuah kawasan di Jakarta yang mempertahankan kearifan lokal Betawi. Kawasan ini terkenal dengan keindahan dan keasrian alamnya, serta menjadi tempat yang ideal untuk mempelajari dan mengenal lebih jauh tentang budaya Betawi.

Dalam kunjungan ke Setu Babakan, para peserta didik melakukan studi lapangan yang melibatkan observasi langsung terhadap kehidupan masyarakat Betawi. Mereka belajar tentang tradisi, adat istiadat, dan kebiasaan sehari-hari masyarakat Betawi. Selain itu, peserta didik juga berkesempatan untuk berinteraksi dengan masyarakat setempat dan mendapatkan pengetahuan yang lebih mendalam tentang kearifan lokal Betawi.

Kelancaran kegiatan kunjungan ini didukung oleh Dinas Perhubungan, yang memfasilitasi kegiatan ini dengan menyediakan Bus Sekolah. Dengan adanya dukungan ini, para peserta didik dapat melakukan perjalanan dengan nyaman dan aman menuju Setu Babakan.

Kegiatan kunjungan ke Setu Babakan ini disusun dan diorganisir oleh tim guru Al Azhar Syifa Budi Jakarta yang dikoordinatori oleh Ibu Nana Sunar Sasih. Tim guru memastikan kelancaran kegiatan dan memberikan bimbingan kepada peserta didik selama kunjungan. Mereka juga mengarahkan peserta didik untuk melakukan observasi, mengajukan pertanyaan, dan mengumpulkan informasi yang relevan.

Proyek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) dengan tema kearifan lokal Betawi ini didukung oleh Nuadu dan Pearson Edexcel sebagai sponsor. Dukungan ini memungkinkan terlaksananya proyek ini dengan lebih baik dan memberikan pengalaman belajar yang berharga bagi peserta didik SMP AL Azhar Syifa Budi Jakarta.

Melalui kunjungan ke Setu Babakan, SMP AL Azhar Syifa Budi Jakarta berharap dapat memberikan pengalaman yang berarti kepada peserta didik dalam memahami dan mengapresiasi kearifan lokal Betawi. Selain itu, kunjungan ini juga menjadi sarana untuk memperkuat pemahaman tentang kearifan lokal Betawi dan meningkatkan rasa cinta dan kepedulian terhadap budaya Indonesia.

Kunjungan ke Setu Babakan merupakan salah satu bentuk pembelajaran di luar kelas yang memberikan pengalaman langsung kepada peserta didik dalam mengenal dan menghargai kearifan lokal Betawi. Diharapkan, kegiatan ini dapat memberikan inspirasi dan pemahaman yang mendalam tentang kekayaan budaya Betawi.

Artikel by Nana Sunar Sasih,S.Sn,M.Pd

Sponsor: Nuadu dan Pearson Edexcel