LDKS (Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa) OSIS SMP Al-Azhar Syifa Budi Jakarta



LDKS (Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa) OSIS SMP Al-Azhar Syifa Budi Jakarta merupakan kegiatan pembelajaran peserta didik yang terpilih menjadi pengurus OSIS dimana pengurus OSIS mendapatkan materi-materi tentang kepemimpinan dan keorganisasian. Kegiatan ini merupakan bekal awal OSIS untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menyusun dan menjalan kegiatan OSIS, kegiatan LDKS merupakan hal yang tepat dalam rangka mewujudkan, menghasilkan dan mengembangkan multi skill yaitu kemandirian, kebersamaan, kerja sama tim dan kecakapan sekaligus memperluas wawasan peserta didik.

Pembinaan perdana pengurus OSIS oleh Ketua Yayasan Dr. Hamid Chalid, SH, L,LM yang membahas kepemimpinan dan membangun kerjasa sama team dalam berorganisasi.

Dr. Hamid Chalid, SH, L,LM menjelaskan tentang arti makna “TEAM” : Together-Everyone-Achieves-More” dalam struktur organisasi. Team yang solid sangat di butuhkan agar dapat mewujudkan tujuan dari visi misi keorganisasian

Pengurus OSIS sangat antusias mengikuti pembinaan , banyak ilmu dan pengalaman yang telah disampaikan oleh Ketua yayasan yang bisa diimplementasikan oleh pengurus OSIS dalam menjalankan organisasi

Suasana sidang rapat anggota OSIS, pengurus OSIS membuat dan merancang program-program kegiatan OSIS SMP Al-Azhar Syifa Budi Jakarta selama satu tahun kedepan (tahun periode 2018-2019).

Rapat anggota OSIS dan pengurus OSIS dipimpin oleh salah satu pengurus OSIS yang mampu memimpin jalannya rapat dengan baik dan pengurus OSIS lainnya sangat aktif dalam memberikan ide dan gagasan.

Anggota dan pengurus OSIS SMP Al-Azhar Syifa Budi Jakarta mengunakan transportasi umum Trans Jakarta dengan senang gembira, sebagai pembelajaran pentingnya berperan aktif dalam mengurangi kemacetan dan menyukseskan program pemerintah.

Anggota dan pengurus OSIS SMP Al-Azhar Syifa Budi Jakarta mengimplementasikan cara berinteraksi, belajar mandiri dan bertanggung jawab atas barang bawaannya di transportasi umum.

Anggota dan pengurus OSIS SMP Al-Azhar Syifa Budi Jakarta mempraktekkan penggunaan E-Money di Bus Trans Jakarta, sebagai pembelajaran cara transaksi pembayaran menggunakan transportasi umum dan memahami rute perjalanan transportasi umum di Jakarta.

Anggota dan pengurus OSIS SMP Al-Azhar Syifa Budi Jakarta mengikuti kegiatan Games Edukasi LDKS di Ragunan Jakarta Selatan.

Gerakan pemanasan sebelum pelaksanaan games edukasi dimulai, salah satu pengurus OSIS memimpin yang diikuti oleh anggota pengurus OSIS yang lainnya.

Permainan Lempar Bola : permainan lempar bola ini harus berkelompok bisa berisi 6 atau 5 peserta dan dalam permainan ini peserta harus membuat lingkaran yang tidak terlalu berjauhan.

Permaian lempar bola ini mempunyai ketentuan harus ada seorang pemimpin yang mengintruksikan perpindahan bola dari tangan kanan peserta dengan cara melemparkan bola kearah  kanan yang kemudian ditangkap oleh tangan kiri peserta lain.

Permainan ini membutuhkan kekompakan, fokus yang tinggi dan satu instruksi  dari seorang pemimpin. Tujuan dari permainan ini adalah melatih peserta agar dapat fokus, kompak dan mengikuti intruksi demi tercapainya tujuan.

Permainan memasukkan pensil kedalam botol : permainan ini harus berkelompok dimana ada empat peserta yang  tertutup matanya yang memegang tali yang harus fokus mendengarkan arahan yang memimpin.

Dan ada pula satu peserta yang menjadi pemimpin untuk mengarahkan agar pensil itu bisa masuk kedalam botol, pemimpin dalam menginstruksikan harus dengan suara yang jelas, arah yang jelas dan bahasa yang dapat dimengerti, agar peserta yang lain dapat mengikutinya dengan baik.

Permainan  ini berhasil apabila pensil masuk kedalam botol, tentunya dengan kerjasama yang baik satu dengan yang lainnya.

Adapun tujuan dari permainan ini adalah untuk melatih kerja sama tim, tingkat fokus, dan pantang menyerah, kepemimpinan dan strategi mencapai tujuan.

Permainan tarik tambang : permainan ini harus berkelompok dimana peserta harus bekerja sama dengan sekuat tenaga agar mampu memenangkan permainan ini, pantang menyerah dan tekad yang kuat adalah modal dari permainan ini.

Permainan tarik tambang dibutuhkan fisik yang kuat  dan strategi penempatan peserta, biasanya peserta yang kuat menarik diletakkan didepan  dan peserta yang mampu menahan diletakkan dibelakang ini merupakan pembelajaran strategi untuk mencapai kemenangan. Tujuan dari permainan ini adalah agar peserta dapat terbentuk kerja sama tim, semangat pantang menyerah,  kuat fisik dan strategi mencapai tujuan.

 

Alhamdulillah semua kegiatan LDKS berlangsung dengan sukses, harapan kami seluruh peserta LDKS OSIS SMP Al-Azhar Syifa Budi Jakarta mampu mengimplementasikan materi yang telah diajarkan, menjadi calon pemimpin yang kuat, kreatif, inovatif dan mempunyai strategi yang baik untuk mencapai tujuan bersama, serta mengembangkan multi skill yaitu kemandirian, kebersamaan, kerja sama tim dan kecakapan sekaligus memperluas wawasan keilmuan.