Memaknai Bulan Bahasa dengan Kegiatan Literasi, Berbagai Lomba dan Penampilan di SD AL-Azhar Syifa Budi Jakarta



SD Al-Azhar Syifa Budi Jakarta telah menyelesaikan kegiatan bulan bahasa dengan penuh makna mencintai bahasa nasional bahasa Indonesia.

Hal tersebut sesuai dengan tema :

“Menjunjung Tinggi Bahasa Persatuan Bahasa Indonesia”

Kegiatan bulan bahasa diawali dengan literasi bahasa untuk kelas 1-6,  yang dimulai dari tanggal 11 Oktober 2017 – 18 Oktober 2017.

    

Dalam kegiatan literasi bahasa, semua peserta didik, membaca dengan hening tanpa suara selama kurang lebih 30 menit setiap hari di kelas masing-masing. Setiap kelas sudah dilengkapi dengan pohon literasi yang harus diisi oleh peserta didik. Peserta didik menuliskan nama, judul buku, dan target perhari halaman yang diselesaikan pada hari itu. Kegiatan ini menggugah peserta didik untuk membaca berkelanjutan dan menambah perbendaharaan kata baru.

Peserta didik  belajar berani untuk tampil di depan kelas untuk menyampaikan isi buku dan nilai-nilai baik yang dikandung dalam buku. Kegiatan literasi bahasa diakhiri dengan membuat resensi buku yang dibuat sebagai project lomba untuk kelas 5.

 

Warnai Bulan Bahasa dengan Kreasi Mading

 Tanggal 18 Oktober 2017, peserta didik kelas 1 – 6  menghias mading dengan tema “Menjunjung Tinggi Bahasa Persatuan Bahasa Indonesia”.

Wali kelas, guru bidang studi, dan semua peserta didik bersama-sama membuat mading yang indah dan khas. Mading diisi dengan puisi, pantun, peribahasa, cerita dan lain sebagainya.

   

 

Keseruan Berbagai Lomba di Bulan Bahasa

Tepat pada tanggal 24 Oktober 2017, peserta didik kelas 1-4 mengikuti berbagai perlombaan yang berkaitan dengan Bulan Bahasa. Kelas 1 mengikuti lomba mewarnai, kelas 2 mengikuti lomba menulis cerita berdasarkan gambar, kelas 3 mengikuti lomba cipta puisi berdasarkan gambar dan kelas 4mengikuti lomba poster.

Peserta didik sangat antusias mengikuti kegiatan-kegiatan tersebut. Hal ini Nampak dari keseriusan peserta didik untuk mengikuti perlombaan dengan penuh semangat.

Kelas 5 dan kelas 6, berlomba membuat project resensi buku dan buku inspirasiku. Peserta didik kelas 5 mengungkapkan isi buku yang telah dibaca selama sepekan, lalu memaparkan judul buku, nama pengarang, tahun terbit, nilai kebaikan yang dapat diambil, dan ringkasan isi buku.

Karya-karya resensi tersebut untuk kemudian dipajang di mading paralel kelas 5. Hal ini melatih peserta didik untuk gemar membaca dan mengulas isi buku dengan detail. Sedangkan peserta didik kelas 6 membuat buku inspirasi yang dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu kegiatanku di rumah, kegiatanku di sekolah, hebatnya orang tuaku, cita-citaku, dan Indonesiaku.

Melalui kegiatan membuat buku inspirasi, diharapkan peserta didik dapat belajar menuliskan pengalaman sehari-hari dan dapat secara kreatif mengembangkan keterampilan menulis membentuk suatu rangkaian cerita.


Sang Juara dan Sang Penampil Cemerlang
 di Bulan Bahasa

   

Tepat pada tanggal 25 Oktober 2017,  menjadi puncak acara bulan bahasa. Peserta didik kelas 1-6, menunjukkan kebolehannya dalam membaca puisi, berpantun, membaca surat pribadi untuk teman di negara yang sedang berselisih, dan membaca pidato.

Penampilan peserta didik sangat memukau dan membanggakan. Peserta didik kelas 1 mampu membaca puisi dengan lancar. Perserta didk kelas 3 mampu membaca cerita fabel dengan intonasi yang baik. Peserta didik kelas 2  dan 4 mampu berpantun dengan tepat. Peserta didik kelas 5 juga mampu membacakan surat pribadi dengan penuh penghayatan, dan peserta didik kelas 6 mampu berpidato dengan lantang.

  

Kegiatan ini diselingi dengan berbalas pantun dan  kuis oleh pembawa acara  Selain itu, keceriaan juga tergambar saat pembawa acara mengumumkan pemenang lomba-lomba pekan bulan bahasa.