Orang Tua Gantian Menjadi Guru di Kelas, Seru Sekali



Mengajar di depan kelas. (CNN Indonesia/Hadiansyah Lubis)

Jakarta, CNN Indonesia — Pada peringatan hari Guru Nasional hari ini, Sekolah Al-Azhar Syifa Budi, Kemang, Jakarta, punya hajat menarik. Sekolah mengundang para orang tua untuk jadi guru sehari.

Orang tua diminta mengajar, sekaligus berbagi pengalaman soal profesinya masing-masing. Ini berlaku untuk semua tingkatan di sekolah itu, yakni dari SD sampai SMA.

23b2525a-f231-434f-b0ce-cd73d68cd71d_169

Saya melihat banyak cerita seru yang terjadi di sana, terutama dalam interaksi antara orang tua dan murid-murid. Ada misalnya siswa yang kaget saat melihat orang tuanya datang ke sekolah dan jadi guru sehari.

Ada juga orang tua yang karena begitu groginya, sering salah menyebut diri sendiri. Mulai dari sebutan Om, Tante, sampai ada yang memanggil murid-murid dengan sebutan adik, atau bahkan teman. Seru sekali. Kejadian lucu juga dialami mantan Kepala Polda Banten Inspektur Jenderal Eddi Sumantri, yang kebagian jadi guru di kelas anaknya yang masih duduk di kelas III SD. Bukannya memperhatikan, banyak anak-anak yang antusias pada seragam yang dikenakan pak polisi itu.

“Pak, ini lencana di seragamnya bagus ya,” tutur Pak Eddi menirukan komentar anak-anak didiknya, saat menceritakan pengalaman di depan para orang tua, sambil tertawa.

Pada sesi penutupan, para orang tua memang diajak berbagi pengalaman mengajar itu bersama dengan guru-guru. Para orang tua berterima kasih sudah mendapatkan pengalaman tersebut. Mereka sepakat, bahwa pengalaman itu sangat berharga untuk mengingat jasa guru yang membimbing murid-muridnya menjadi pandai dan berprestasi.

 

Sumber: CNN Indonesia