Silat Betawi | SMP Al-Azhar Syifa Budi Jakarta



Pada hari Jum’at, 4 November 2022, SMP AL Azhar Syifa Budi Jakarta melaksanakan proyek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) dengan tema kearifan lokal Betawi. Salah satu kegiatan yang dilakukan dalam proyek ini adalah pembuatan podcast dengan judul “Silat Betawi”. Podcast ini menghadirkan bintang tamu Bachtiar, yang merupakan Pendiri Sanggar Silat Si Pitung Rawa Belong.

Dalam podcast ini, Bachtiar berbagi pengetahuan dan pengalaman tentang Silat Betawi. Silat Betawi merupakan seni bela diri tradisional yang berasal dari Betawi, Jakarta. Bachtiar menjelaskan sejarah, teknik, dan filosofi di balik Silat Betawi. Ia juga membahas berbagai gerakan, strategi, dan nilai-nilai yang terkandung dalam seni bela diri ini.

Pimpinan koordinator proyek ini adalah Ibu Nana Sunar Sasih, yang memastikan kelancaran acara podcast ini. Ibu Nana bekerja sama dengan Bachtiar dan tim teknisi yang terdiri dari peserta didik SMP AL Azhar Syifa Budi Jakarta untuk mengatur jalannya acara.

Selain itu, dalam podcast ini, peserta didik SMP AL Azhar Syifa Budi Jakarta mendapatkan kesempatan untuk belajar praktik 2-3 jurus dalam silat dari para murid dari sanggar Si Pitung Rawa Belong. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengalaman langsung kepada peserta didik dalam mempelajari seni bela diri tradisional Betawi.

Moderator dan MC podcast ini memandu percakapan dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang menarik dan relevan kepada Bachtiar. Penonton yang hadir dalam podcast ini terdiri dari orang tua murid Al Azhar Syifa Budi Jakarta, yang juga ikut memperoleh pengetahuan dan apresiasi terhadap Silat Betawi.

Melalui podcast “Silat Betawi” ini, SMP AL Azhar Syifa Budi Jakarta berharap dapat memperkenalkan dan mengapresiasi seni bela diri tradisional Betawi kepada peserta didik dan masyarakat luas. Podcast ini juga menjadi sarana untuk memperkuat pemahaman tentang kearifan lokal Betawi dan meningkatkan rasa cinta dan kepedulian terhadap budaya Indonesia.

Proyek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) dengan tema kearifan lokal Betawi ini juga melibatkan siswa-siswi dalam kegiatan lainnya yang berkaitan dengan tema kearifan lokal Betawi. Mereka mengadakan pameran seni, lokakarya, dan kegiatan lain yang bertujuan untuk memperkenalkan kearifan lokal Betawi kepada siswa-siswi dan masyarakat sekitar.

Dengan melibatkan peserta didik dalam praktik silat dan kegiatan lainnya, SMP AL Azhar Syifa Budi Jakarta berharap dapat memberikan pengalaman belajar yang berharga dan memperkuat pemahaman tentang kearifan lokal Betawi.

Artikel by Nana Sunar Sasih,S.Sn,M.Pd

Sponsor: Nuadu dan Pearson Edexcel