M. Rusdil Fikri, M.Pd
Kepala Sekolah
SMP Al-Azhar Syifa Budi Jakarta
(021) 71793333 ext. 320/321
M. Rusdil Fikri, M.Pd
Kepala Sekolah
SMP Al-Azhar Syifa Budi Jakarta
(021) 71793333 ext. 320/321
Assalamu’alaikum wr.wb.
Selamat Datang di SMP Al-Azhar Syifa Budi Jakarta. Sekolah yang berdiri sejak tahun 1980-an dan merupakan salah satu Sekolah Swasta Islam ternama yang berada di Jalan Kemang Raya 7, Kelurahan Bangka Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan 12730.
Sekolah SMP Al-Azhar Syifa Budi Jakarta ditetapkan sebagai sekolah penggerak berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Nomor:0301/C/HK.00/2022 tentang Penetapan Satuan Pendidikan Pelaksana Sekolah Penggerak.
Sekolah Penggerak merupakan sekolah yang berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik dengan mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yang mencakup kompetensi dan karakter yang diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru).
Contoh Kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang merupakan ciri khas kurikulum merdeka pada Program sekolah penggerak
VISI SMP AL-AZHAR SYIFA BUDI JAKARTA
Sekolah SMP Al-Azhar Syifa Budi Jakarta tentu sangat memperhatikan perkembangan dan tantangan masa depan diantaranya adalah perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, globalisasi yang memungkinkan sangat cepatnya arus perubahan dan mobilitas antar dan lintas sektor serta tempat, era informasi, pengaruh globalisasi terhadap perubahan perilaku dan moral manusia, berubahnya kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan serta era perdagangan bebas.
Tantangan dan peluang itu harus direspon oleh SMP Al-Azhar Syifa Budi Jakarta sehingga visi sekolah diharapkan sesuai dengan arah perkembangan tersebut. Visi ini merupakan moral yang menggambarkan profil sekolah yang diinginkan di masa datang. Adapun visi SMP Al-Azhar Syifa Budi Jakarta adalah :
“ Menjadikan Al- Azhar Syifa Budi sebagai Sekolah Islam terdepan yang memiliki reputasi dan konektivitas Internasional dan menghasilkan generasi unggul yang berwawasan global untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila dengan pendidikan yang berkualitas.”
Kami memilih visi ini untuk tujuan jangka panjang, jangka menengah dan jangka pendek. Visi ini menjiwai warga sekolah kami untuk selalu mewujudkannya setiap saat dan berkelanjutan dalam mencapai tujuan sekolah. Visi tersebut mencerminkan profil dan cita-cita sekolah yang tergambar pada uraian berikut :
MISI SMP AL-AZHAR SYIFA BUDI JAKARTA
Berdasarkan visi yang telah dirumuskan, untuk mewujudkannya diperlukan suatu misi berupa kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan. Adapun Misi yang dirumuskan berdasar visi adalah sebagai berikut:
LAYANAN PEMBELAJARAN SMP AL-AZHAR SYIFA BUDI
Pembelajaran di SMP Al-Azhar Syifa Budi selalu mengikuti perkembangan dan perubahan kurikulum dengan inovasi yang disesuaikan dengan kultur Al-Azhar Syifa Budi di antaranya adalah mengaitkan setiap pembelajaran dengan spiritualisasi pendidikan. Dalam perkembangannya SMP Al-Azhar Syifa Budi selalu hadir untuk menjadi pelopor dalam program pengembangan kurikulum di antaranya Program Bina Bakat, Program Akselerasi, maupun program layanan Sistem Kredit Semester yang kita kenal dengan Sistem SKS.
Contoh Layanan Pembelajaran SMP AL-Azhar Syifa Budi Jakarta
SMP Al-Azhar Syifa Budi Jakarta selalu berusaha untuk mengakomodir kebutuhan para peserta didik mengembangkan kemampuan keterampilan abad 21 yang meliputi integrasi PPK, literasi, 4C (Creative, Critical thinking, communicative, dan Collaborative), dan HOTS (Higher Order Thinking Skill) dan Pengimplementasian Profil Pelajar Pancasila.
Sekolah meyakini bahwa lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan kondusif dapat mendukung berkembangnya pengetahuan, mengasah keterampilan, serta membentuk sikap belajar yang baik dari peserta didik. Lingkungan Sekolah dirancang sesuai dengan tujuan pendidikan yang dapat dimanfaatkan peserta didik sebagai sumber belajar. Pendampingan aktif dari guru-guru dilakukan saat peserta didik berinteraksi untuk memastikan proses sosialisasi di antara peserta didik berjalan sesuai yang diharapkan.
SMP Al-Azhar Syifa Budi Jakarta meyakini bahwa literasi merupakan kebutuhan dasar dalam belajar dan berkomunikasi. Keterampilan ini akan berkembang maksimal apabila peserta didik berada dalam lingkungan belajar yang literat (literate environment). Untuk mewujudkan hal ini, sekolah memperkaya lingkungannya dengan berbagai perangkat literasi yang dapat ditemukan peserta didik di dalam maupun di luar kelas. Lingkungan sekolah memiliki beragam fasilitas belajar, sarana olah raga berskala Internasional dan tanaman mulai dari tanaman buah, hias, dan apotek hidup yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar peserta didik.
Selain itu, kegiatan pembentukan nilai budi pekerti dan akhlakul karimah, melestarikan seni budaya tradisional, serta sikap nasionalisme kebangsaan sangat dioptimalkan melalui kegiatan pengembangan diri yang diwujudkan dalam program ekstrakulrikuler maupun program pendukung lainnya seperti kegiatan bela negara, riyadhah Ramadhan, azka culture day maupun kegiatan STEAM Project.
SMP Al-Azhar Syifa Budi Jakarta melakukan upaya nyata berupa peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan, melengkapi sarana dan prasarana, menjalin kerja sama nasional dan Internasional , kolaborasi yang harmonis dengan orang tua peserta didik/wali peserta didik dan mengadakan kegiatan pengembangan diri dengan mempertimbangkan kebutuhan peserta didik dan masyarakat.